Pages - Menu

Minggu, Maret 02, 2014

Makanan: Andai Engkau Ada di Sini

Haloo, kali ini gue akan bercerita tentang harapan. Bukan bercerita sih ,tapi curhat lebih tepatnya. Ini tentang apa yang gak bisa gue gapai selama satu dua tahun ini. Sesuatu yang jauh berada di sana yang begitu gue rindukan. Sesuatu yang jika dia tiba-tiba datang seperti mendapatkan berkah dari surga. hahaha Agak berlebihan memang, tapi gue yakin 9 dari 10 orang orang yang bernasib sial seperti gue pasti mempunyai keinginan yang sama. 

Tak ingin panjang lebar lagi, ini tulisan ini tentang hal yang berbau dengan makanan, lidah dan kerinduan. Di sini ada beberapa list 'sesuatu' yang gak ada di sini dan begitu gue rindukan.

1. Masakan Padang

makanan padang

Kalau ngomongin masakan padang itu seperti ngomongin sesuatu yang komplek banget. Masakan padang dengan segala elemennya menjadi bagian yang paling paling paling di inginkan. Mulai dari gulai, sambal balado, asam padeh, dendeng batokok, sate padang, sampe ke makanan terenak di dunia, RENDANG. Oh, membayangkannya saja gue serasa terbang ke surga. Apalagi sampai mencicipinya. Mudah-mudahan kelak secepatnya gue rasakan itu semua. Karena gue udah benar-benar mati rasa nih di sini haha

2. Kecap Manis

kecap

Kenapa kecap manis gue masukan ke list ini, ya karena di sini (di tempat gue berada sekarang) gak pernah ada sejarah ditemukannya kecap manis. Haha Kecap manis cukup menjadi sesuatu yang dirindukan karena gak lengkap kayanya tanpa ada yang manis-manis. Hehe Biasanya sih kami ngakalin kecap manis dengan menambah kan gula pada kecap asin (kecap asin dijual di sini), yang rasanya emang beda jauh haha Harapan gue sih, PT.Indofood Indonesia sesegera mungkin mengekspor kecap manis ke sini karena muka gue udah semakin asin tampaknya .

3. Jajanan ( makanan ringan )

jajanan

Jajanan yang gue maksud di sini banyak, mulai dari bakso, siomay, soto, pecel, sampai ke makanan-makanan ringan seperti lemper, kerupuk singkong, onde-onde, getuk, pempek, martabak, dan banyak lagi. Jajanan khas Indonesia ini memang menjadi bagian dari rindu pada Indonesia. Yang biasanya tiap sore ada mamang bakso lewat depan komplek rumah, atau jalan-jalan ke taman kota ada ratusan penjual makanan ringan. Dan kini cuma jadi mimpi di siang bolong. Hal-hal kaya gitu memang gak bakal ada di sini sayangnya.

4. Tahu dan Tempe

tahu tempe

Dua sejoli yang teramat disukai semesta rakyat indonesia dan gak mungkin ada orang Indonesia yang gak kenal ama 2T ini. Kalau sampe ada orang indonesia yang gak penah makan tahu ama tempe, gue yakin:  pertama dia cuma ngaku orang Indonesia padahal gak, kedua: dia orang Indonesia yang gak punya lidah haha

5. Sambal (Cabai)

sambal

Sambal masuk dalam list ini karena memang orang eropa emang punya lidah yang lemah. haha gue gak ngerti kenapa mereka gak kuat makan pedes, sampai-sampai gak pernah gue temukan cabe di sini, 'cabe-cabe'an kemungkian ada kali ya. Bagi orang indonesia kebanyakan, kalau makan gak pake cabe sama aja gak makan. Kalau makan gak pakai keringatan gak asik namanya. hehe sayang di sayang, level cabe rata-rata di sini terlalu rendah untuk di samakan dengan Indonesia.

6. Indomie


'Indomie selera kau'
Orang indonesia mana yang gak kenal Indomie. Ini adalah produk makanan Indonesia yang mendunia. Gue punya temen orang Irak, kebetulan udah punya anak kecil. Dia bilang anak nya suka banget ama Indomie, kadang-kadang anaknya cuma makan nasi ama Indomie hehe Nah sayangnya di negara segede Rusia ini belum pernah gue temukan Indomie di jual. Walau kita tahu mie instan bukan makanan yang baik buat kesehatan, tapi gue gak bisa bohong kalo gue rindu akan lezatnya Indomie.

7. Masakan Ibu

masaka ibu

Kalau ngomongin yang satu ini, paling juara deh sedunia. Makanan ibu, ya ini adalah makanan yang akan selalu dirindukan sepanjang masa di mana pun gue berada. Kebetulan gue orang minang, dan kalian udah tahu lah, kalo orang minang hebat-hebat masak, dan begitulah adanya. Makanan Ibu adalah salah satu alasan kenapa gue harus pulang nanti, secepatnya.

------
Inilah curahan hati gue malam ini, tujuan gue nulis ini di samping melepas kerinduan perut dan lidah gue terhadap yang gue tulis di atas, walau kenyataannya masih banyak lagi hal-hal berbau makanan yang gue dan teman-teman senasib rindukan. Gue juga berharap pembaca berbaik hati mengirimkan hal-hal di atas ke alamat gue ( hahaha )

Intinya adalah Indonesia itu adalah negara paling kaya soal yang namanya rasa dan makanan. Gak ada negara yang punya makanan tradisional sebanyak ini selain Indonesia. Oleh karena itu, budayakan lah kuliner tradisional Indonesia dan kenal kan pada dunia. 

Salam.

1 komentar:

  1. ass bang.Ini gilang bang.boleh minta e-mail abang dak?.Kirim ke e-mail gilang aja bang : gilang.ramaw@yahoo.com

    BalasHapus