Pages - Menu

Senin, April 01, 2013

DERITA - DERITA KULIAH DI RUSIA

Ini cerita tentang derita-derita kuliah di luar negeri, khususnya Rusia. Saya membuat artikel ini bukan karena saya menderita di sini hehehe . namun sebagai sharing buat teman-teman sekalian agar bagi sapa pun yang berniat ngikuti jejak saya ke sini dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi :))

http://inblackshadow.blogspot.ru/
 Dua bocah Indonesia di Rusia


1. Makanan di sini (gak) enak 

Kayaknya terlalu frontal , namun begitulah adanya. Rata-rata makanan di Rusia tidak memiliki cita rasa yang tinggi di banding makanan Indonesia :)) namun ada beberapa makanan yang lumayan hehe
Makanan Rusia jika saya nilai hanya 5/10. hehehe Jadi buat kamu yang seleranya udah tingkat tinggi, yang biasa makan rendang dkk. harus menurunkan tingkat deh, biar gak muntah makan makanan Rusia atau mesti belajar masak deh biar kamu bisa makan :))

2. Musim dinginnya

Ini kayaknya udah tahu semua lah tentang musim dingin. Musim dingin memang menjadi momok yang menakutkan bagi siapa saja yang gak mempersiapkan diri dengan baik :). Pakaian khusus musim dingin harus benar-benar diperhatikan. Jika tidak siap-siap ketemu malaikat deh hehehe Musim dingin juga memberikan dampak buruk terhadap cucian, karena setiap kali menjemur pakaian di luar asrama. Sil sala bim. cucian berubah menjadi es batu hehhe *berdasarkan pengalaman pribadi

3. Barang di Rusia mahal :((

Ini sangat membuat menderita para mahasiswa pas-pasan kayak saya. hehehe Hampir semua hal di rusia mahal contohnya : makanan, jajanan, pakaian, elektronik, dll. Air mineral yang harganya cuma 2000 rupiah di Indonesia menjadi 5000 rupiah di sini. Bahkan ongkos angkot di sini mahal, kisaran 3000-5000 rupiah buat sekali jalan. Jadi bagi kamu dan saya dengan ekonomi pas-pasan harus tahu bagaimana mengatur keuangan dengan baik agar hidup bisa berjalan dengan baik pula di sini.

4. Kondisi Toilet di Asrama luar biasa

Ini cukup mengagetkan bagi saya ketika pertama tinggal di asrama. Saya gak membayangkan kondisi yang gak terlalu terurus khusus bagian toilet. Ini mungkin terjadi karena di asrama terdiri dari mahasiswa berbagai bangsa. Jadi, ada kultur budaya yang berbeda terhadap menanggapi kebersihan. Namun gak usah risih, sebulan dua bulan kamu bakal biasa kok dengan kondisi itu. Jadi , buat kamu yang berkeinginan sekolah di sini , biasakan diri terhadap sesuatu yang sedikit jorok. hhehe

Itu beberapa hal yang membuat menderita mahasiswa asing di Rusia khususnya saya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan buat kamu yang bercita-cita ke Rusia. Hal yang bisa saya ambil dari semua derita itu adalah semua hal itu membuat saya bisa lebih dewasa dan bijaksana lagi untuk memahami kehidupan dan tantangan baru di negeri orang :)

http://inblackshadow.blogspot.ru/
mahasiswa asing di Rusia


Salam dari Rusia.
Herru Anggiantama


41 komentar:

  1. waw.,muanchapss., brp banyak mahasiswa indonesia pertahun rata" yg ke Rusia bro ?
    saya ingin melanjutkan study saya ke rusia, meskipun banyak yg bilang di rusia ngga enak. Makasi info nya broo.,nice share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks bro. Rata-rata sih 30an bro pertahun . hahaha

      haha enak gak enak kita yang buat jadi enak .
      ditunggu di rusia :))

      Hapus
  2. Wah salam kenal ya Mas, senang deh bisa baca blog nya ttg russia. Follow blog saya juga ya :)

    BalasHapus
  3. Mas, bagaimana yah caranya bisa kuliah di Rusia??? emang harus ambil yang beasiswa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya gak harus beasiswa juga, biaya sendiri juga bisa kok kuliah di rusia. coba liat di sini http://en.russia.edu.ru/ ada info-infonya. untuk lebih update, bisa dilihat dalam bahasa rusia

      Hapus
  4. @Mas Heru sampai kapan di Russia mas ? Masih lama / udah mau balik ke Indo ? skrng tahun 2013 ada mahasiswa bru brp orang mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya baru setahun di sini, masih ada 4 tahun lagi hehe
      tahun ini ada sekitar 50 org mas yang sudah keterima di sini .

      Hapus
  5. privet,

    halo salam kenal,

    saya juga ingin study disana,,

    tp dengar2,, kuliah di rusia gak boleh part time ya?? haduhh uang dr mana buat hidup n kuliah,,

    klw ngandelin study loan semua,, hutang bakal numpukkk

    spasiba,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Привет ))
      salam kenal juga ))

      iyaa nih gak boleh parttime, tapi jangan takut. kabarnya tahun depan Rusia bakal ngebolehin orang asing(mahasiswa asing) untuk kerja part time. Itu bakal dilegalin.
      Biaya hidup di sini tergantung ama gaya hidup masing2 kok. Jadi, jangan ragu buat apply ke sini.

      ditunggu di Rusia ))

      Hapus
  6. mas, kan syarat utk beasiswa ke rusia minimal 80 untuk program s1. Kalo kurang bisa gak ya mas ? misalnya rata2 77.
    Makasih mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa atau gak sih saya kurang tau nih,
      tapi dicoba aja apply beasiswanya, barangkali bisa)))
      sukses ya

      Hapus
  7. Mas, saya berencana ambio jurusan FK. Jdi nilai saya pas rata2 80. Itu kan kuota FK tahun sebelumnya 2 org aja. Kalo saya daftar, udah pasti masuk gak mas ?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nilai sama dokumen yang lain mencukupi dan lengkap. Dokumen mas insya Allah bakal di kirim ke kementerian Rusia. Masalah bakal diterima atau gak tergantung kementerian Pendidikan Rusia ))
      Tapi, coba aja dulu dan berdoa. Mudah-mudahan tembus beasiswa Rusia. ))

      Hapus
    2. Mas. Kmaren pas mas daftar, kuota beasiswany ada berapa? yang daftar ada berapa ? Yang diterima wawancara berapa? Yang lulus wawancara berapa? Yang akhirnya brangkat kerusia berapa?maaf banyak tanya ya mas. Hehehehe

      Hapus
    3. Saya tahun 2012 ke Rusia, kalau yg daftar awalnya sekitar 150an. Yang lulus seleksi dokumen 75 orang, nah lalu pas tahun saya gak ada wawancara ( katanya kuotanya 60 ) jadi semua bahan di kirim ke rusia.

      ternyata akhirnya yang lulus sekitar 35 orang, yang berangkat 27 orang gak salah.

      tapi tahun 2013 ini, ada wawancara. gak salah ada 2 kali wawancara, yang berangkat sekitar 40-50 orang, saya gak tau tepatnya berapa.

      Hapus
  8. saya tertarik untuk melanjutkan S2 dibidang petroleum geoscience, kira2 universitas di rusia yg recommended apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam, ada 3 univ recommeded buat petroleum :
      1. Gubkin Russian State University of Oil and Gas
      2. Ufa State Petroleum Technological University
      3. Tomsk Polytechnic University of Russia
      boleh di liat infonya di situs univ masing2.

      Hapus
  9. Mas, sekarang saya kuliah baru tahun pertama di ITB. Tapi saya pingin ke Rusia di Moscow Aviation Institute. Kira2 ada peluang gak buat saya kesana mas? bagaimana kira2 langkah2 yang harus saya lakukan buat daftar kesana sebagai bayngan untuk persiapan? Terimakasih . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluang pasti ada mas, saya dulu juga tahun pertama di ITB lalu pindah ke sini. Nah, buat beasiswa Rusia kita gak bisa nentuin di universitas mana tempat kita belajar nanti. Kecuali kalo mau bayar sendiri.

      kalo mas wira minat, bisa dipersiapin dulu syarat2 buat apply.
      liat di sini http://inblackshadow.blogspot.com/2013/11/beasiswa-pemerintah-federasi-rusia-2014.html . selamat berjuang

      Hapus
    2. wah buat beasiswa kayaknya saya sudah terlambat ya mas. haha
      beasiswa berati ditanggung biaya kuliah aja ya mas? kalo misalnya daftar sendiri gitu caranya sama mas? kapan penutupan pendaftaran di univ2 rusia ya mas?

      Hapus
    3. iya untuk tahun ini keliatannya udah terlambat. iya biaya kuliah plus ada uang saku sekitar 50$ per bulan. kalo mas wira pengen ke sini, mending dipikirin matang2 dulu. gak nyesal ngelepas ITB nya hehe

      Hapus
  10. Kak, boleh minta email atau medsos lain nya ? Saya mau tanya2 tntg kuliah d sna . Mksh :)

    BalasHapus
  11. Postingan yang sangat bermanfaat :)
    Sukses terus ya ..

    BalasHapus
  12. Buat biaya hidup disana sehari bisa berapa mas? Terus kuliah dimana? Tinggal dimana? Vladivostok?

    BalasHapus
  13. Mas mau nanya kalo, mas sendiri belajar bahasa rusia dulu ? Btw di rusia univ apa yang nerima jurusan teknik mesin?

    BalasHapus
  14. Mas mau nanya kalo, mas sendiri belajar bahasa rusia dulu ? Btw di rusia univ apa yang nerima jurusan teknik mesin?

    BalasHapus
  15. Ka mau tanya, aku insyaallah tahun ini apply study di rusia. Untuk jurusan/fakultas Jurnalistik disana bagus ga ya? Dan yang paling top di kampus manaa? Makasih

    BalasHapus
  16. kalau boleh tau apakah dirusia wajib menggunakan bahasa inggris..?

    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya orang rusia jarang sekali menggunakan bahasa inggris..bahkan sangat sedikit orang rusia yg tau bahasa inggris

      Maaf klau salah :)

      Hapus
    2. Setau saya orang rusia jarang sekali menggunakan bahasa inggris..bahkan sangat sedikit orang rusia yg tau bahasa inggris

      Maaf klau salah :)

      Hapus
  17. привет..
    Mas sya mau tanya..kalau jurusan Ilmu Komunikasi kira2 S2 nya bisa lanjut study ke Rusia gk ya ?? Klau misalnya ada bisa ksih tau nama univnya, atau klau melalui beasiswa tergantung pemerintahnya kita bkalan ditampung dmna.. :):)

    спасибо..

    BalasHapus
  18. привет..
    Mas sya mau tanya..kalau jurusan Ilmu Komunikasi kira2 S2 nya bisa lanjut study ke Rusia gk ya ?? Klau misalnya ada bisa ksih tau nama univnya, atau klau melalui beasiswa tergantung pemerintahnya kita bkalan ditampung dmna.. :):)

    спасибо..

    BalasHapus
  19. Mas saya mau tanya,sekarang susah ada part time di rusia?
    Sekalian minta g-mailnya mas :3

    BalasHapus
  20. dulu saya punya cita-cita kuliah di Rusia, allhamdulilah cita-cita tersebut tercapai tapi berbelok malah jadi menikah dengan perempuan Rusia di Rusia hehehhe. ternyata ngeri juga ya kalo kuliah di Rusia.

    ditunggu kedatangan nya di blog ku mas, terima kasih.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Mas gimana untuk tahun sekarang apa bisa mahasiswa indo part time disana, soalnya juga ini lihat2 biaya hidup disana nyesuain kondisi ekonomi keluargaa.. oh iya nyari beasiswa sponsor itu susah gak mas? Gimana caranya yaa? Makasih mas

    BalasHapus